Mewujudkan amanat Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Kota Tanjungbalai selalu hadir memberikan pelayanan sosial untuk masyarakat kota Tanjungbalai. Cepat tanggap darurat  adalah menjadi bagian dari Dinas Sosial kota Tanjungbalai dalam memberikan pelayanan. Salah satu bentuk pelayanan sosial yang harus disikapi dengan cepat tanggap darurat adalah “ Perlindungan Sosial”. Untuk kali ini, dalam situasi Tanjungbalai berduka, Dinas Sosial beserta beberapa OPD terkait kembali memberikan perlindungan sosial guna memenuhi kebutuhan korban bencana, sehingga diharapkan agar korban tidak berlarut-berlarut jatuh ke dalam situasi fisik maupun psikis yang lebih buruk, sebagaimana tujuan perlindungan sosial yang disebutkan di dalam undang-undang N7o 11 Tahun 2009 tersebut.

Tanggal 29 September 2018 pada jam 14.50 Wib, bertempat di Jl. Singosari Gg. Kakaktua, Walikota Tanjungbalai H.M.Syahrial, SH, MH didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Kota        M. Idris, SH, Babinkamtibmas Kelurahan Gading, Camat Datuk Bandar Abu Said, SE, M. AP, Lurah Gading Adiguna, S. SIP, Kabid Pencegahan Bencana Aida Mirani dari BPBD dan Kabid Linjamsos Dinas Sosial Siti Fatimah, SE, M. AP beserta Taruna Siaga Bencana dan pendamping PKH menyerahkan bantuan untuk korban bencana kebakaran yang terjadi pada tanggal 28 September 2018 jam 12.30 Wib yang menimpa keluarga Bustami BB. Turut hadir pula para kepala lingkungan se-Kelurahan Gading.

Bantuan berasal dari Dinas Sosial dan BPBD Kota Tanjungbalai dengan sumber dana APBN maupun APBD Kota Tanjungbalai.  Bantuan berupa uang sewa rumah sebesar Rp. 2.000.000,-(dua juta rupiah), bahan pangan, berupa beras sebanyaķ 30 kg 2 karung, minyak goreng, mie instan 2 kardus, makanan kaleng, family kit, matras, selimut, seragam sekolah, peralatan sekolah beserta sepatu sekolah, baju kaus, daster wanita, kemeja polos dan batik, peralatan makan dan memasak berupa gelas dan piring, teko, rantang, kompor gas, wajan dan dandang.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Sosial menyampaikan bahwa bencana ini merupakan hal yang tidak diinginkan oleh siapapun, namun ini sudah menjadi ketentuan Allah SWT. Untuk itu diharapkan agar keluarga yang tertimpa musibah ini agar sabar dan mengambil hikmah dari musibah ini.

Pada kesempatan ini juga setawar sedingin disampaikan oleh Walikota Tanjungbalai seraya menyerahkan bantuan secara simbolis.  Walikota minta kepada keluarga agar tetap sabar dan tetap beraktivitas seperti biasa karena bagaimanapun musibah ini merupakan hal yang telah digariskan Yang Maha Kuasa.

Walikota Tanjungbalai memerintahkan agar Camat Datuk Bandar dan Lurah Kelurahan Gading untuk segera membuat laporan kepada Kepolisian agar Pihak PLN dapat memperbaiki jaringan listrik di daerah tersebut yang merupakan pangkal terjadinya kebakaran tersebut. Bekas-bekas bangunan yang terbakar agar segera dapat dibersihkan, demikian Walikota Tanjungbalai menutup acara penyerahan bantuan tersebut.

 

 

PENYERAHAN BANTUAN KORBAN KEBAKARAN DI JL. SINGOSARI GG. KAKAKTUA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *