Mewujudkan amanat Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Kota Tanjungbalai tidak henti-hentinya berusaha untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial kepada masyarakat. Salah satu usaha yang ditempuh pada tahun 2018 adalah melalui penguatan   kapasitas sumber daya manusia pelaku penyelenggaraan kesejahteraan sosial, yang direalisasikan melalui perekrutan SDM Tenaga Kesejahteraan Sosial. SDM yang direkrut oleh Dinas Sosial Kota Tanjungbalai ini dinamakan dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSM).

Perekrutan dilaksanakan melalui serangkaian proses seleksi, yakni seleksi pada masing-masing Kelurahan dan seleksi  pada tingkat Dinas melalui ujian tertulis tentang pengetahuan umum dan seleksi wawancara. Peserta-peserta yang mengikuti  ujian tertulis merupakan calon-calon yang direkomendasikan oleh masing-masing Kelurahan. Usai mengikuti ujian tertulis dilanjutkan dengan seleksi wawancara bagi peserta-peserta yang lulus. Melalui  persyaratan dan serangkaian proses seleksi yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Tanjungbalai berimplikasi pada kualitas TKSM yang terpilih. Dengan latar belakang pendidikan TKSM yang disyaratkan serendah-rendahnya adalah Strata 1 atau Sarjana, diharapkan bahwa TKSM-TKSM ini memiliki kemampuan akademis dan segudang pengalaman yang sudah memiliki kesiapan fisik dan mental untuk menjadi mitra Dinas Sosial Kota Tanjungbalai pada penyelenggaraan kesejahteraan sosial di ranah Kelurahan.

Menindaklanjuti hasil perekrutan anggota-anggota TKSM yang dilaksanakan lebih kurang selama 2 bulan, pada akhir Mei 2018 Dinas Sosial melaksanakan kegiatan “Bimbingan dan Pengembangan TKSM” yang dilaksanakan di Gedung Organisasi Wanita (GOW) jalan Gaharu  II Tanjungbalai. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungbalai, M. IDRIS, SH. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan sebagai pembekalan bagi anggota-anggota TKSM agar menjadi SDM handal yang memberikan orientasi pelayanan terbaik bagi masyarakat.  Tidak hanya pembekalan, bentuk keseriusan Dinas Sosial pada pengoptimalan perekrutan TKSM ini berlanjut sampai tahap pengukuhan anggota-anggota TKSM yang dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai orientasi pengenalan TKSM kepada ASN-ASN dan relawan-relawan/ pekerja sosial Dinas Sosial Kota Tanjungbalai yang juga dilanjutkan dengan penyerahan SK bagi anggota-anggota TKSM. Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Khairul Walad Dairas Panjaitan, S.Sos I memberikan arahan dan bimbingan tentang penajaman tugas dan fungsi yang diemban TKSM kedepannya.

Berikut peserta-peserta terpilih yang telah ditetapkan  pada ketetapan Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungbalai sebagai TKSM Kota Tanjungbalai.

No Nama Kelurahan
1 Munawir, S.Pd Sijambi
2 Faridah Hanim Sitorus, SH Gading
3 Rahmadani, S.Pd Pahang
4 Sofiah Sirait, S.Kom Pantai Johor
5 Khairil Fauzi, S.Pd.I Sirantau
6 Edy Yusuf Ritonga, SH Bunga Tanjung
7 Juniar, S.Pd Pulau Simardan
8 R.Zerina Marisa NST, SE Semula Jadi
9 Ismail, SH Selat Lancang
10 Annisa Rahmadani,S.Pd Selat Tanjung Medan
11 Muhammad Irfan, SE Pasar Baru
12 Sri Rezeki,S.Pd Keramat Kubah
3 Wildayani Manurung, S.Kom Muara Sentosa
14 Aulia,S.Pd Sumber Sari
15 Mariati, S.Pd.I Sei Raja
16 Damayanti, S.Pd Beting Kuala Kapias
17 Deni Putra Ardiyana, S.Pd Kapias Pulau Buaya
18 Erwinsyah Putra Sitorus, S.H.I Perjuangan
19 Muhammad Tahir Sitorus, S.Pd.I Pematang Pasir
20 Syafrizal, S.Pd Sei Merbau
21 Frayudha Azhari, S.Pd TB Kota I
22 Fitrah Bissmi Harahap, S.H.I TB kota II
23 Fina, S.Pd Karya
24 Fatmawati, SH Perwira
25 Mufti Abduh, S.Pd Pantai Burung
26 Rohana Wida, S.Pd Indra Sakti
27 Darwis, Sp Sejahtera
28 Surya Dharma Samosir, S.Pd.I Kuala Silau Bestari
29 Ilma Amika, S.Pd.I TB Kota III
30 Ade Imam Alajar Saragih, SH TB Kota IV
31 Irmayani, S.Pd Matahalasan

Pasca kegiatan pengukuhan , anggota-anggota TKSM mulai menunjukkan kiprahnya pada usaha-usaha penyelenggaraan kesejahteraan Sosial. Hal ini tidak lepas dari tekad Dinas Sosial Kota Tanjungbalai untuk memberdayakan potensi-potensi sumber kesejahteraan sosial yang ada.  Hal ini merupakan ikhtiar untuk mewujudkan itikad baik pada percepatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial bagi masyarakat kota Tanjungbalai.

 

TKSM Selaku SDM Pendata Pada Kegiatan Updating Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kota Tanjungbalai Tahun  2018 Ikut Serta Pada Rapat Kerja Persiapan Updating PMKS Tahun 2018 Dengan Memanfaatkan Google Form Bersama Kabid Penanganan Fakir Miskin, Kasubbag Program, dan Koordinator Teknis Rastra/ BPNT.

Kebersamaan TKSM Sebagai Fasilitator SLRT Kota Tanjungbalai bersama Tim SLRT Kementerian Sosial dan Tim SLRT Daerah Kota Tanjungbalai Pada Penutupan Bimbingan Teknis Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Tahun 2018.

TKSM turut serta menyemarakkan peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 73.

Eksistensi TKSM pada penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kota Tanjungbalai untuk kedepannya akan dapat dirasakan oleh masyarakat kota Tanjungbalai pada wadah SLRT(Sistem Layanan Rujukan Terpadu) yang akan direalisasikan pada Oktober 2018 mendatang. Dengan kapasitas sebagai fasilitator, anggota TKSM dapat berperan sebagai perpanjangan tangan Dinas Sosial di lapangan untuk menampung keluhan-keluhan masyarakat terkait masalah pemenuhan kebutuhan dasar mereka dalam kehidupan.  Melalui peran fasilitator ini juga, data program penanganan kemiskinan dapat diupdate secara real time.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat Kota Tanjungbalai (TKSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *